Assalamualaikum wr wb.
Bismillahirrokhmanirrokhim
Konten ini saya sadari banyak kekurangannya karena hanya berdasarkan pengertian atau pemahaman saya jadi mohon agar datanbya disesuaikan dengan data yang anda miliki. Ini sekedar contoh dan dasarnya adalah kondisi yang ada pada saya. Jadi saya sekali lagi mohon maaf.
Pada intinya untuk mengisi lembar penilaian PKGsebenarnya yang berkompeten adalah penilai . Bilamana saya menilai maka saya mengambil dari 1 sampai dengtan 14 kriteria PKG . Dari data itu saya ambil yang nilainya tertinggi kemudian saya masukkan di form Lembar penilainan demilian seterusnya sehingga form itu terisi.
Sedangkan untuk Lembar Catatan Fakta bisa disesuaikan dengan pelaksanan pembelajaran secaa daring . Dari kondisi itu lalu dimasukkan pada form 1 sebelum dan form 2 saat pelaksanaan kemudian form 3 adalah untuk pemantauan atau pascanya. Semoga bermanfaat. Wassalam
1. LEMBAR PENILAIAN PKG
Nama Guru : HERO SULTONI COMARA
NIP : 19611225 198509 1 003
Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
-Guru dapat menjelaskan langkah langkah dalam RPP -Guru mengetahui metode dan langkah yang akan dilakukan dalam pembelajaran. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: Amati langkah langkah dalam RPP apakah sudah sesuai langkah langkahnya |
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, Silabus |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: - Guru menjelaskan tujuan pembelajaran - Guru menjelaskan materi pelajaran - Guru memberikan pertanyaan kepada siswa - Guru mengaitkan materi dengan tujuan pembelajaran - Guru memberikan pujian kepada siswa yang mau bertanya - Guru menggunakan media GC , video yang dimuat di youtube dan blogger - Guru memberikan tugas kepada siswa - Guru mengecek pemahaman siswa akan tugasnya - Guru menyimpulkan pembelajarannya dan mengingatkan tugasnya - Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik termarginalkan (tersisih, diolok-olok, minder, dsb)
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: Adanya rencana pembelajaran yang berkaitan dengan RPP |
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru dapat memberikan alasan tentang tugas yang diberikan kepada siswa Guru dapat mengidentifikasi karekteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Pemantauan
|
Tanggal |
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Buku catatan harian |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) Guru memiliki anecdotal record (berisi tentang catatan kemajuan belajar siswa, siswa yang tidak hadir, siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah dll)
|
|
Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru -Guru dapat menjelaskan langkah langkah dalam RPP -Guru mengetahui metode dan langkah yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: Amati langkah langkah dalam RPP apakah sudah sesuai langkah langkahnya |
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukan, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Pemantauan
|
Tanggal |
16 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Catatan Guru |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
|
Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru menindaklanjuti materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Pemantauan
|
Tanggal |
16 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Guru memilih materi pembelajaran yang : a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas, e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
|
Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: -Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik yang lain yang setuju dan tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar. - Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata - Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan - Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan memperhatikan peserta didik - Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh : guru menambahkan informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Buku Catatan Guru |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru -Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu - Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas. - Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekan dan berinteraksi dengan peserta didik lain. - Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audiovisual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru -Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masingmasing. - Guru merancang aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: - Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru - Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Pemantauan
|
Tanggal |
16 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Buku Catatan Guru |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.; |
|
Kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Buku catatan guru |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Kompetensi 7 : Penilaian dan evaluasi
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR nilai |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Setelah Pengamatan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Daftar nilai dan Buku catatan guru |
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Kompetensi 8 : Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, MODUL BELAJAR, DAFTAR HADIR |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru - Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia. - Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender). - Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masingmasing. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Pemantauan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Buku catatan kegiatan Guru |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) - Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia. - Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
|
Kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Pengamatan perilaku guru |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru -Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat. -Guru mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikanmasukan. -Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan: |
|
Pemantauan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Daftar hadir guru |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) - Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. - Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
|
|
Kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Data kehadian guru |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: - Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu. - Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas. - Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukanJ
|
|
Pemantauan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Perilaku sehari hari |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) - Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas. - Guru menyelesaikan semua tugas administrative tugas administrative dan non pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan. |
|
|
|
|
Kompetensi 11 : Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Pengamatan Guru |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: - Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal. - Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informalterkait dengan pekerjaannya.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Pemantauan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Pengamatan Perilaku Guru |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) - Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
|
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
Pemantauan
|
Tanggal |
15 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Perilaku guru |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) - Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya. - Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
|
Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Sebelum Pengamatan
|
Tanggal |
13 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, Silabus |
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru - Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan. |
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Selama Pengamatan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
Pengamatan Guru di dalam kelas |
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: - Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
Pemantauan
|
Tanggal |
14 Oktober 2020 |
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa |
RPP, Silabus. Daftar Hadir |
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan) - Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri. - Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya. - Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
|
2. LEMBAR CATATAN FAKTA

Tidak ada komentar:
Posting Komentar