SILABUS KURIKULUM
DARURAT COVID 19 MAPEL BAHASA INGGRIS TA
2021/2022
KELAS XI
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah mampu “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan
dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN) |
3. memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4. mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
(persuasif atau argumentatif) dengan memberi dan meminta informasi,
menyampaikan pendapat/pikiran terkait isu
aktual, sesuai dengan konteks |
4.1
Teks eksposisi analitis
(persuasif atau argumentatif) 4.1.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis lisan dan tulis (persuasif atau |
penggunaannyapendapat/ pikiran terkait isu aktual, sesuai
dengan konteks penggunaannya |
argumentatif), terkait isu aktual 4.1.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait
kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks |
3.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan
memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.2
Teks surat pribadi 4.2.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri
sendiri dan orang sekitarnya 4.2.2 Menyusun teks tulis khusus dalam bentuk surat pribadi terkait
kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.3
Teks prosedur 4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual
terkait penggunaan teknologi dan
kiat-kiat (tips) 4.3.2 Menyusun teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks |
3.4 Menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK |
4.4 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik
lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar