1.
Surat lamaran
pekerjaan (application letter)
Melamar pekerjaan dapat menjadi hal yang cukup mendebarkan. Banyak sekali
orang yang merasa kesulitan dalam mencari pekerjaan sebab lamaran yang
dikirimkan berkali-kali ditolak atau tak ditanggapi oleh pihak perusahaan atau
instansi yang diincar. Beberapa orang juga mengalami kegagalan setelah masuk
tahap interview.
Sebelum memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, ada baiknya kita
mempertimbangkan dahulu apakah kita memiliki kecakapan yang cukup dalam bidang
tersebut.
Meski latar belakang pendidikan kita
tak begitu mendukung, keahlian yang kita miliki—baik yang dipelajari secara
autodidak maupun pelatihan tertentu—akan menjadi nilai plus.
Bayangkan diri anda sebagai pihak HRD atau talent acquisition di suatu
instansi, apakah yang anda lihat dari sekumpulan orang asing yang menawarkan
diri untuk bergabung dalam tim kerja instansi anda?
Tentu saja keahlian serta sikap dari mereka lah yang jadi bahan
pertimbangan. Kontribusi apa yang bisa mereka berikan pada instansi juga
merupakan poin penting.
Kali ini kita akan membahas tentang cara yang baik dan benar dalam
mempromosikan diri untuk melamar kerja. Ini bisa diterapkan dalam resume atau cover
letter yang hendak dikirimkan, atau dalam sesi interview.
Yang perlu digarisbawahi adalah, pastikan latar belakang tentang diri yang
akan diceritakan berhubungan dengan pekerjaan yang kita incar. Simpan
pembahasan yang tidak relevan terlebih dahulu, semenarik apapun itu, agar pihak
instansi mampu menumbuhkan kepercayaan pada kita untuk menjabat posisi yang
dipilih dengan skill yang kita miliki.
Dan ada baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut:
- Hindari bahasa yang kurang
pantas atau informal seperti slang atau jargon teknis.
- Gunakan kalimat yang efektif,
informatif dan tidak bertele-tele.
- Perhatikan ketepatan ejaan,
tata bahasa, dan tanda baca dalam surat lamaran pekerjaan yang dibuat.
Jika berisi kesalahan, besar kemungkinan lamaran tersebut akan berakhir di
tempat sampah.
- Sebutkan di mana anda mendapat
informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.
Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi.
- I am a
Computer Science graduate of the University of Indonesia. I bring with me
several years of experience as information systems analyst of a company in
Jakarta, since I graduated back in 2012. I am applying for the position of
Document Controller advertised on jobstreet.com on March 23rd.
(Saya adalah Sarjana Ilmu Komputer lulusan Universitas Indonesia. Saya
memiliki pengalaman beberapa tahun sebagai seorang analis sistem informasi di
sebuah perusahaan di Jakarta, sejak saya lulus di tahun 2012. Saya melamar
posisi sebagai Pengawas Dokumen seperti yang diiklankan di situs jobstreet.com
pada tanggal 23 Maret.)
- I am a
Communications graduate of the Hasanuddin University with several years of
working experience as a Public Relation Staff gained from a
non-governmental agency in my hometown, Kendari. I am writing to apply for
the position of Executive Assistant posted on your official site on 23
February 2017. This position particularly interests me because it would
enable me to make full use of my administrative and organizational skills.
I have well-developed both written and oral communication skills that can
be very useful in carrying out the duties for the position.
(Saya adalah Sarjana Komunikasi lulusan Universitas Hasanuddin dengan
pengalaman kerja sebagai Staff Humas di sebuah instansi swasta di kota asal
saya, Kendari. Saya menulis untuk melamar pekerjaan di posisi Asisten Eksekutif
yang dipublikasikan di situs resmi perusahaan anda pada tanggal 23 Februari
2017. Posisi ini menarik bagi saya sebab akan membuat saya memanfaatkan
ketrampilan administratif dan organisasi saya dengan penuh. Saya memiliki
ketrampilan komunikasi secara tertulis dan lisan yang baik yang akan sangat
bermanfaat untuk memenuhi tugas jabatan tersebut.)
- My name
is Anna Belle. I am twenty one years old. I have background in Accounting
Diploma III at State Polytechnic of Jakarta, graduating this April. In
2015, I participated in a training for accountants in Depok. I have read
from your advertisement on JawaPos that your company is looking for
accountants. With my educational background, I’m confident that my
qualification and skills could make significant contributions to the
company. I am a person who can work well as part of team and on my own. I
am also hardworking, and eager to learn.
(Nama saya Anna Belle. Saya berusia dua puluh satu tahun. Saya memiliki
latar belakang pendidikan Diploma III Akuntansi di Politeknik Negeri Jakarta,
lulus bulan April kemarin. Pada tahun 2015, saya ikut sebuah pelatihan untuk
para akuntan di Depok. Saya membaca iklan anda di JawaPos bahwa perusahaan anda
sedang mencari akuntan. Dengan latar belakang pendidikan saya, saya percaya
bahwa kualifikasi dan ketrampilan saya dapat memberikan kontribusi yang
signifikan untuk perusahaan. Saya orang yang mampu bekerja dengan baik sebagai
bagian dari tim maupun sendiri. Saya juga pekerja keras dan semangat belajar.)
- I have
read from your advertisement at JobsDB that your company is looking for
employees to hold some position. And I am interested in applying as a
Service Consultant. My name is Ikbal Alfaris, I am twenty years old. I am
a student at University of Surabaya, majoring in Law and have already been
in my seventh semester. I consider myself that I have the qualifications
as required. I have good motivation for growing, eager to learn, and can
work in team and individually. Besides that, I have fair communication
skill in English, both oral and written.
(Saya telah membaca iklan di JobsDB bahwa perusahaan anda sedang mencari
karyawan untuk mengisi suatu jabatan. Dan saya tertarik melamar sebagai
Konsultan Pelayanan. Nama saya Ikbal Alfaris, saya berusia dua puluh tahun.
Saya adalah mahasiswa di Universitas Surabaya, jurusan Hukum, dan sudah berada
di semester ke tujuh. Saya menganggap diri saya memiliki kualifikasi yang
disyaratkan. Saya memiliki motivasi yang baik untuk berkembang, semangat
belajar, dan dapat bekerja dalam tim maupun secara individu. Di samping itu
saya memiliki ketrampilan bahasa Inggris yang baik, lisan maupun tertulis.)
Cukup mudah, kan? Mulailah dengan menyortir informasi apa saja yang ingin
anda sajikan yang dapat membuat pihak perusahaan tertarik untuk mengajak anda
bergabung.
Mempermanis data diri dengan bahasa yang kreatif bisa dilakukan, namun
jangan sekali-kali memasukkan informasi yang tidak sesuai alias palsu. Selamat
mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar