Kamis, 04 Juli 2019

DRAFT RPP HOTS UNTUK ADIWIYATA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan            : SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Komp. Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester                  : XI / 3 ( Tiga )
Tahun Pelajaran                : 2018/2019
Materi Pokok                  : Tindakan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya
Alokasi Waktu                   : 4 x 2  X 45 menit

Situasi Pembelajaran

Pembelajaran Bermakna
HOT'S :
Menunjukan sikap dan perilaku dalam tindakan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat

Buatlah makalah penyebab faktor-faktor keberhasilan seorang wirausaha kemudian presentasikan

A. Kompetensi Inti
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
3.1 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that) .

4.1 . Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK )

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:

3.1.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that) .

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:

4.1 Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

  

D. Tujuan Pembelajaran :
1.      Agar siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that)
2.      Agar siswa dapat  menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks .
D. Materi Pembelajaran :
1.      Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance).
2.      Kata yang menyatakan hubungan dua keadaan benda dengan pengaruhnya: So ....that ...; Such .....that ....
3.      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal.
E. Pendekatan, Model dan Metode
1.    Pendekatan            : scientific learning.
2.    Model/strategi       : Discovery learning.
3.    Metode                   : ceramah interaktif, diskusi, tanya jawab , penugasan Praktik.

F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi/Aktifitas Kelas
Alokasi Waktu
Alat/Bahan/Media

Strategi

A. Pendahuluan


§ Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
§ Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca
§ Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa  dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
§ Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
§ Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar  siswa  terutama kamus , modul dan catatan .
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
§ Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
§ Guru Menyampaikan teknik penilaian
§ Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat,menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran  pada pertemuan sebelumnya.
§ Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya. 
§  
20 menit
·     Daftar Hadir
·     Buku Catatan siswa.
Ceramah interaktif


B. Inti


Mengamati- menanya-mencari data-mengasosiasi- mengkomunikasikan
·   Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
·   Membaca dengan cermat teks Six Things to Do If you Visit Seatle untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan serta gambaran tempat wisata yang menjaga sapta pesona ( Aman, Tertip, Bersih,Sejuk, Indah , Ramah tamah dan kenangan )
·   Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
·   Membaca dengan cermat beberapa teks serupa dari sumber lain.
·   Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
·   Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks.(bila bisa menjaga lingkungan dengan menmerapkan sapta pesona maka suatu tempat bisa menjadi obyek wisata yang menarik minat wisatawan ).
·   Melakukan refleksi dan  penilaian  tentang proses dan hasil belajarnya.

55 Menit
·   Lap Top
·   Buku Reverensi

·   Ceramah interaktif
·   Diskusi
·   Penugasan praktik (Presentasi)
·   Forto folio

C.     Penutup
·   Sebagai refleksi Peserta didik bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran
·  Peserta didik diberikan penugasan sebagai penguatan dan pemantapan
·  Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

15 menit

Ceramah


G.     Media, Alat, Bahan
·        Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.

H.     Sumber Belajar
·      Buku Reverensi.
·      Media sosial.

I.       Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.    Teknik Penilaian dan Instrumen Penilian
KD
Teknik Penilaian
Instrumen
3.1      Memperhatikan sikap  dan perilaku siswa selama pembelajaran

Pengamatan

Daftar hadir dan lembar penilaian

4.1      Mempresentasikan  hasil telaahan / studi kasus.
Keberanian dan teknik komunikasi
Job Sheet / Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja





2.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
KD
Teknik Penilaian
Remidi
Pengayaan
3.1     Memperhatikan sikap  dan perilaku siswa selama pembelajaran
1.      Pengamatan

2.      Memberi teguran dan perintah perbaikan sikap

3.      Penguatan pemahaman tentang sikap  dan perilaku yang baik.
4.1 .Mempresentasikan  hasil telaahan / studi kasus
1.      Keberanian dan teknik komunikasi
2.      Menyempurnakan  presentasi sesuai arahan guru
3.      Menyempurnakan kembali hasil presentasi


Kendal,       Juli  2018
                              Kepala Sekolah                                                                           GURU PENGAMPU




                              Drs. Kusdarmanto                                                                                      Hero Sultoni Comara SPd, MM
                              NIP 19581223 198703 1 004                                                                    NIP 19611225 198509 1 003
        











FORMULIR PENILAIAN PRAKTEK
SMK NEGERI 4 Kendal
KOMPETENSI DASAR :
4.1 Penelaahan / studi kasus
TGL           :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
KLS            :
Prog. Keahlian :
Soal
Diskripsikan bersama teman semejamu sebab akibat seputar pemeliharaan lingkungannya tempat tinggalmu  .
Nama          :
Waktu              :
No Absen   :
FAKTOR PENILAIAN
URAIAN YANG DI NILAI
SKOR
KET
MAX
DICAPAI
1. Sikap
1. Kerja sama
9


2. Tanggung Jawab
9


3. Kedisiplinan
9



4. Kejujuran
9


2. Proses Kerja
1. Materi presentasi
9


2. Penyampaian Materi
9



3. Menanggapi materi
9


3. Hasil Kerja
1. P P T
9


2. Rangkuman hasil presentasi
9


4. Tarjet Waktu
Ketepatan Waktu
9


Jumlah Skor ( JS ) Maksimum

90


Perolehan Skor
( PS )



Pratikan / Siswa                                                                                                            Guru Pengampu
..................................                                                                                                 

FORMULIR OBSERVASI

SMK NEGERI 4 Kendal
4.1 .Mempresentasikan  hasil telaahan / studi kasus
TGL           :
Mata Pelajaran : PKK
KLS            :
Prog. Keahlian :
Soal
Presentasikan hasil telaahan / Diskripsikan sebab akibat seputar pemeliharaan lingkungannya tempat tinggalmu 
Nama          :
Waktu              :
No Absen   :
Jenis Produk
Hasil Observasi


Skor


















4. Tarjet Waktu
Ketepatan Waktu



Jumlah Skor ( JS ) Maksimum




Perolehan Skor
( PS )



Pratikan / Siswa                                                                                                            Guru Pengampu
..................................                                                                                                 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar