SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 KENDAL
Bidang Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Kompetensi
Keahlian : SEMUA KOMPETENSI
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS KELAS XII
KELAS : XII
Durasi (Waktu) : .3 X 45 MENIT
KI-3
(Pengetahuan) :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4 (Keterampilan) :
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
dan Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
3.1.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that)
4.1
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.1.Siswa
dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so
... that)
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.1
Sisw dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi sosial
Menjelaskan,
memberi informasi, dsb.
∙
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan)
∙
Unsur kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan
keterangan (circumstance)
-
Kata yang menyatakan hubungan dua
keadaan benda dengan pengaruhnya: So
....that ...; Such .....that ....
-
Penggunaan nominal singular dan
plural secara tepat, dengan atau tanpa
a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan dan tanda baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
2x
45 menit
|
∙
. Menyimak dan
menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait
hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan
tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan
dalam percakapan tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa
percakapan serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan
tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c.
Ketrampilan “: Unjuk Kerja
|
|||||
3,2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa
sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan prepositional phrase, adjective
clause: finite dan non-finite)
4 .2
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa
sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.2.Siswa
dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta
keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan prepositional phrase, adjective clause: finite dan
non-finite)
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.2
Siswa dapat.. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan
pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan/memberikan
tambahan informasi secara efektif
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kalimat pernyataan dan pertanyaan
terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian
antara lain; who, which, that/driven,
based, developing, carrying/ the essay, after the break, dsb.
-
Penggunaan nominal singular dan
plural secara tepat, dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
orang,
benda, binatang, di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan
kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan
tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait benda dengan pewatas
berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian akibat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan
tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
percakapan tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa
percakapan serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan
tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta
keadaan/ kejadian sesuai dengan konteks.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
3.
3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau
klausa non-finite)
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.3.Siswa
dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau
klausa non-finite)
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.3.Siswa
dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan benda/memberikan
informasi tambahan
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan)
∙
Unsur
Kebahasaan
-
Kalimat pernyataan dan pertanyaan
keterangan (circumstance)
-
Pewatas (Modifiers) antara lain; Which/that, Who,Whose,Where.
-
Relative
Clauses: kalimat dengan pewatas
-
Tata bahasa, ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan
di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta
didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasi terkait keterangan (circumstance)
sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite)
sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙ Membaca dengan cermat untuk
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan
tersebut.
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
percakapan tersebut.
∙ Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙ Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙ Secara lisan dan tulis, melakukan
tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasi terkait keterangan (circumstance) sesuai dengan konteks
penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite) sesuai dengan konteks.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c. Ketrampilan “:
Unjuk Kerja
|
|||||
3.4
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak
nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan
past perfect)
4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.4
Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu
yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan
past perfect
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.4.Siswa
dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙ Fungsi sosial
Menyatakan
persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu, menyatakan penyesalan,
menyatakan dan menanyakan pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang
tidak nyata pada waktu lampau
∙ Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙ Unsur Kebahasaan
- Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait
pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini
dan pada waktu lampau.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
∙ Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di
luar kelas, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙ Membaca dengan cermat untuk
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan
tersebut.
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
percakapan tersebut.
∙ Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙ Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙ Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata
pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan
pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however, on the
other hand, in conbtrast, nevertheless)
4.5.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan
kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.5.Siswa
dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless
..., however, on the other hand, in conbtrast, nevertheless)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterampilan:
4.5
Siswa dapat menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
∙ Fungsi sosial
Memastikan, meningkatkan tekad,
menyemangati, dsb.
∙ Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙ Unsur Kebahasaan
- Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait
pengandaian terjadinya /dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini
dan pada waktu lampau
- Kata untuk menyatakan pengandaian: whether or not ... no matter ..., even if
...
- Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara
tepat dalam frasa nominal
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
∙ Topik
Kegiatan dan tindakan
yang penting dan relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙ Membaca dengan cermat untuk
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan
tersebut.
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
percakapan tersebut.
∙ Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙ Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙ Secara lisan dan tulis, melakukan
tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata
pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
3.6. Membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion)
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu
kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.6 teks pembahasan ilmiah (discussion)
4.6.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion)
lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual
4.6.2
menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu
kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.6.Siswa
dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari
beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.6
Siswa dapat :
4.6.1
menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis,
terkait isu kontroversial dan aktual
4.6.2
menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu
kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
∙ Fungsi Sosial
Membahas suatu isu dari beberapa sudut
pandang
∙ Struktur Teks
Struktur untuk
setiap sudut pandang dapat mencakup
- Penyampaian isu yang dibahas dan ulasan
umumnya
- pandangan, asumsi terhadap isu
- argumentasi pendukung
- kesimpulan atau saran
∙ Unsur kebahasaan
- Kosa kata terkait dengan topik yang
dibahas.
- Kata sambung untuk menunjukkan
perbandingan, kontras, dan urutan, a.l.
on the other hand, conversely, because, consequently, thus, dsb..
- Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca, tulisan tangan
∙ Topik
Institusi, benda, binatang dan
gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas
XII, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak guru membacakan beberapateks
pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa
(minimal dua) sudut pandang.
∙ Menirukan guru membaca teks tersebut
secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙ Menanyakan informasi dari teks yang
dibaca
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙ Mempelajari contoh tabel analisis isi
teks yang sedang dipelajari.
∙ Membahas cara mempresentasikan hasil
analisis tersebut.
∙ Mempresentasikan hasil analisis secara
lisan dalam kelompok masing-masing.
∙ Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif dari sumber
lain.
∙ Mempresentasikan hasil analisis secara
lisan di depan kelompok lain.
∙ Menulis teks pembahasan ilmiah
(discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut
pandang secara kontekstual.
∙ Melaporkan secara lisan, pendek, dan
sederhana tentang teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual
dari beberapa (minimal dua) sudut pandang.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
3.7.Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan even though, although)
4.7.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.7
Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan even though, although)
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
|
∙ Fungsi sosial
menyatakan hasil
yang diluar dugaan.
∙ Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙ Unsur kebahasaan
- Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait
konsensi
- Kata untuk menyatakan konsensi: even though, although
- Kosa kata: tindakan dan kegiatan yang
terkait dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan peserta didik sebagai remaja
- Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca
- Tulisan tangan.
∙ Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan
relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak dan menirukan percakapan tentang
memberi dan meminta informasi tindakan memberi dan memnta informasi terkait
konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙ Membaca dengan cermat untuk
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan
tersebut.
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
percakapan tersebut.
∙ Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙ Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙ Secara lisan dan tertulis, melakukan
tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai
dengan konteks yang berbeda.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
3.8.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian
terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review),
lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.8.Siswa
dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterampilan:
4.8.Siswa
dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis,
terkait film/buku/cerita
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.8.Siswa
dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterampilan:
4.8.Siswa
dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis,
terkait film/buku/cerita
|
∙ Fungsi sosial
Memberi informasi
tentang suatu karya seni yang akan dibaca, ditonton, atau dibeli suatu.
∙ Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
- Pendahuluan (orientasi): menempatkan karya
dalam konteks umum dan khusus, seringkali dengan membandingkan dengan karya
lain sejenis.
- Ulasan interpretatif yang merangkum jalan
cerita menjelaskan latar belakangnya, opsional, tapi seringkali ada dan
diulang-ulang.
- Evaluasi atau penilaian terhadap karya
dan atau proses memproduksinya, biasanya diulang-ulang.
- Rangkuman penilaian: pernyataan tajam
atau telak yang merangkum penilaian reviewer secara umum (opsional)
∙ Unsur kebahasaan
- Kosa kata: terkait karakter, watak, dan setting dalam karya
yang dinilai
- Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
- Semua jenis adverbia.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
∙ Topik
Film, sinetron, buku,
drama, opera, konser, pameran, balet, dsb, yang memberikan keteladanan.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak dan menirukan beberapa model
teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita.
∙ Membaca dengan cermat teks ulasan
(review) terkait film/buku/cerita dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang
benar
∙ Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain
yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
dari teks khusus yang sedang dipelajari.
∙ Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita
yang sedang dipelajari.
∙ Mempelajari cara mempresentasikan hasil
analisis tersebut.
∙ Mempresentasikan hasil analisis secara
lisan dalam kelompok masing-masing.
∙ Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review),lisan dan
tulis, terkait film/buku/cerita dari sumber lain.
∙ Mempresentasikan hasil analisis secara
lisan di depan kelompok lain.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
3.9
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan
remaja SMA/MA
4.9
Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.9.Siswa
dapat menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMK
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.9.
Siswa dapat.enangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMK
|
∙
Fungsi sosial
Menghibur, menyampaikan pesan moral lagu
dan menghargai lagu sebagai karya seni
∙
Unsur kebahasaan
-
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk
lagu.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan
atau tanpa a, the, this, those, my,
their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca, dan
tulisan tangan
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan
peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x
45 menit
|
∙ Menyimak danbertanya-jawab tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, secara
kontekstual.
∙ Membaca, menyimak, dan menirukan lirik
lagu secara lisan.
∙ Membahas informasi dalam lirik lagu
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara
kontekstual.
∙ Membacakan dan menyalin lirik lagu yang
telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosialdan unsur kebahasaan.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya.
|
a.
Sikap :Pengamatan
b.
Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||||
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. MARYONO,M.Pd
NIP.
19640304 198903 1 028
|
|
Kendal, Juli 2019
Guru Mata
Pelajaran
HERO
SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar