Kamis, 27 Februari 2020

contoh RPS (RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER)




RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
SEKOLAH TINGGI ISLAM KENDAL (STIK)
TAHUN AKADEMIK 2019/2020

PRODI                                           : PAI
NAMA/KODE MATA KULIAH :BAHASA INGGRIS
SEMESTER                                   :2
JML SKS     : 2 SKS
DOSEN        : HERO SUILTONI COMARA,S.Pd,MM.
 NIDN/NIDK:

A.CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
:
a.       sikap
1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
b.      Pengetahuan
1.      Menguasai pengetahuan dasar-dasar Tata Bahasa Inggris
2.      Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi dasar Bahasa Inggris ;
3.      Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam Bahasa Inggris  yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasionaldan global.
4.      Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
c.       ketrampilan
1.      Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
2.      Mampu memahami dan mempraktekkan Bahasa Inggris dengan baik.

B. DISKRIPSI MATA KULIAH
:Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah muatan lokal Sekolah Tinggi Islam Kendal yang harus ditempuh oleh mahasiswa Semua Prodi.Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami tentang Bahasa Inggris  khususnya masalah grammer, comprehention, writing , conversation dan listening dengan baik.

C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
( CPMK)
:
a.       sikap
1.      menunjukkan sikap sopan dalam berkomunikaasi.
2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain sebagai keanekaragaman pemahaman dalam berbahasa.
b.      Pengetahuan
1.      Menguasai pengetahuan tentang tata bahasa Inggris.
2.      Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan(agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;dalam konteks pemahaman berbahasa Inggris.
3.      Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam pemahaman Bahasa Inggris  yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
4.      Menguasai secara mendalam Basa Inggris dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
c.       ketrampilan
1.      Menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris melalui literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja
2.      Mampu melaksanakan komonikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan baik.






MINGGU/
PERTEMUAN KE....
KEMAMPUAN AKHIR YANG
DIHARAPKAN
MATERI/
TEMA POKOK
METODE
PEMBELAJARAN
WAKTU
PEMBELAJARA
(MENIT)
PENGALAMAN
BELAJAR
MAHASISWA
INDIKATOR
DAN
KRITERIA
PENILAIAN
BOBOT NILAI
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1.     Introduction
Adanya pemahaman lingkup pembelajaran Bahasa Inggris
Penyampaian target dan tujuan pembelajaran
Dialog 
2 X 50 menit
Mahasiswa mendapat pemahaman tentang tata tertib dan model penilaian  perkuliahan
Mahasiswa paham tentang maksud tujuan dan target pembelajaran
Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
2. An Approach to the Study of Religion


Reading Comprehension:
   Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.

¨Language Development:
ÿ Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan  There is dan there are  denganm benar



¨Vocabulary
   Mahasiswa mampu mencari makna sebuah
   percakapan

Reading Comprehension:
   Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.



There is dan there are


-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide atau media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
3. The Beginning of Islam

Reading Comprehension:
   Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.

¨Language Development:

n  Adjective ending in –ing and -ed
®    Mahasiswa mampu menggunakan Kata sifat yang berakhiran dengan ing dan ed.


¨Vocabulary
   Mahasiswa mampu mencari makna sebuah
   percakapan



n  Adjective ending in –ing and -ed
 Kata sifat yang berakhiran dengan ing dan ed.


-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
4. Dawn of Islam (part one)

Reading Comprehension :
®    Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.

¨ Language
¨ Language Development:
n  Question Word


® Mahasiswa menggunakan kata tanya dengan baik dan benar




¨      Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa  kata
    dalam British English dan American English.
Reading Comprehension :
®    Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.




n  Question Word





-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
5. Dawn of Islam (part two)

Reading Comprehension :
®    Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.

¨ Language Development:
ÿ Modal Auxilliary
    Mahasiswa mampu  memahami dan membuat kalimat dengan menggunakan modal Auxillary


¨      Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa  kata
    dalam British English dan American English.
Reading Comprehension :
®    Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.

¨      Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa  kata
    dalam British English dan American English.

n  Question Word


ÿ Modal Auxilliary
   
n   


-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
6. Dawn of Islam (part 3)

Reading Comprehension :
®    Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.

¨ Language Development:
n  Membedakan Simple present dan simple past dengan future tense

® Mahasiswa mengetahui pemakaian 
n  ® Mahasiswa dp Membedakan Simple present dan simple past serta future tense

n   

¨      Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa  kata
    dalam British English dan American English.
Reading Comprehension :
®    Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.



Future tense

-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
7. The day of Peace

Reading Comprehension:
Mahasiswa mampu menjawab dan menjelaskan  teks bacaan.

¨ Language Development:
ÿ  To be dalam Past Tense :
Mahasiswa mampu memahami kata kerja yang menggunakan bentuk to be dalam past tense
ÿ Mahasiswa mampu menggunakan bentuk    konstruksi to be dalam bentuk past tense  dalam sebuah kalimat



¨ Vocabulary
   Mahasiswa dapat mengerti kata kata sulit

To be dalam Past Tense :

-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
8.The Quranic Recitation Festinal
¨ Reading Comprehension:
   Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.

¨ Language Development
ÿ The use of ‘it’
   Mahasiswa mampu menggunakan ‘it’ dalam bahasa Inggris dengan benar
Language Development
ÿ The use of ‘it’
   Mahasiswa mampu menggunakan ‘it’ dalam bahasa Inggris dengan benar

¨Vocabulary
   Mahasiswa mampu mengidentifikasikan bentuk
   Passive voice



ÿ The use of ‘it’
 


-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
9.Ujian Tengah Semester





Tes Tertilis
25 % dari akumulasi nilai
10.Fasting in Islam
¨Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang  
   berhubungan dengan bacaan.

Language Development
ÿ Penggunaan  kata ‘one’
   Mahasiswa mampu membedakan dan membuat   kata dengan  menggunakan ‘one’


¨ Vocabulary
   Mahasiswa mampu memahami kosa kata dalam    teks pendek Bahasa Inggris tentang Islam


ÿ Penggunaan  kata ‘one’
  



-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
11. Devine Tax
¨Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang    berhubungan dengan bacaan.

¨ Language Development
ÿ Derivative Word “ion”
   Mahasiswa mampu membedakan kata-kata     dalam bahasa Inggris yang menggunakan derivasi dengan baik dan benar.
   Mahasiswa mampu menggunakan kata jadian dengan baik.


¨ Vocabulary
   Mahasiswa mampu memahami kata kata sul;it dalam teks pendek berbahasa Inggris.


ÿ Derivative Word
   ion”



-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
12. Pilgrimage
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang  
    berhubungan dengan bacaan.

¨ Language Development
ÿPositive negative and interogative in  Passive and Active Construction
   Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan pola kalimat  Bahasa Inggris yang menggunakan pola kalimat aktip maupun pasif dengan benar

¨ Vocabulary
   Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata yang     berhubungan dengan  Qur’an
Reading Comprehension




Positive, negative and interrogative ln Passive and Active Construction
  

-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
13 Equality in Islam
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.

¨ Language Development
ÿ Word Order Nucleus Structure
   Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan pola kalimat  Bahasa Inggris dengan pola kalimat yang benar



¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu mengerti kata-kata baru dalam bahasa Inggris
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.




ÿ Word Order Nucleus Structure
  


-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
14. Culture in Islam
¨Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.

¨ Language Development
ÿ Passive construction
   Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan pola passive dalam sebuah kalimat




¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu mengerti kata-kata baru dalam bahasa Inggris
¨





ÿ Passive construction
  



-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
15 Visiting in Islam
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
   berhubungan dengan bacaan.

¨Language Development
ÿ If clause /Conditional Sentence tipe  1-3
   Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan pola kalimat  Bahasa Inggris dengan menggunakan kalimat pengandaian

¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu mengerti kata-kata baru dalam bahasa Inggris



If clause /Conditional Sentence tipe  1-3




-Direct teaching
- Group discussion
- Penugasan Portofolio
2 x 50 menit
-Mahasiswa mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
- Keaktifan perkuliahan
- Keaktifan dalam berdiskusi
- Kemampuan dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan Tugas Portofolio Mandiri/kelompok

Keaktifan dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri 20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
16.Ujian Akhir Semester





Tes Tertulis
30 % dari akumulasi nilai

MATA KULIAH PENDUKUNG INTEGRASI
: Darwis, Drs, H. Djamaluddin, English for Academis Purpose
MODEL INTEGRASI
1.      appresiasi keragaman disiplin ilmu appreciation of various disciplines) yaitu : menghormati keragaman ilmu pengetahuan yang ada baik ilmu-ilmu agama maupun ilmu-ilmu lainnya sebagai sesuatu yang secara objektif berkembang secara alamiah dan ilmiah dan memiliki comfort zone (zona nyaman) masing-masing


2.      koeksistensi (coexistence), yaitu : menempatkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya untuk beroperasi sesuai dengan filsafat dan disiplin ilmu pengetahuan masing-masing tanpa curiga dan campur tangan, kecuali di area yang secara objektif dimungkinkan


3.      interaksi dialogis (dialogical interaction)yaitu: menempatkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya dalam interaksi dialogis yang terbuka dan konstruktif


4.      memanfaatkan teori/konsep/temuan dari disiplin ilmu-ilmu agama untuk digunakan dalam membingkai atau menafsirkan kajian dalam tradisi ilmu-ilmu lainnya atau sebaliknya yaitu : memanfaatkan teori yang diambil dari tradisi ilmu tertentu untuk digunakan dalam produksi ilmu
lainnya atau sebalikny

5.      (refining one’s scientific tradition by using other scientific traditions),yaitu : memperbaiki suatu tradisi keilmuandengan menggunakan tradisikeilmuan lainnya
LEVEL INTEGRASI
1.      Intradisipliner mengintegrasikan berbagai mazhab/aliran dalam satu bidang ilmu
2.      Antardisipliner mengintegrasikan antara dua jenis disiplin ilmu, masing-masingmempertahankan metodologinya
DAFTAR REFERENSI
:

  1. Simpson, Ian dan Derek Utley. 1995. English for Telecoms. . York: Quak Books
  2. Broukal, Milada, 2001. In a Flash Vocabulary for the TOEFL Test. Singapore: Thomson Peterson’s
  3. Michighan, E. A. 2000. Good Grammar for Effective Writing. Cambridge: Infinity Books.
  4. Philips, Sam._____. Common Mistakes in English. New Delhi: Goodwill Publishing House
  5. Darwis, Drs, H. Djamaluddin, English for Academis Purpose.
  6. Alexander, Practice and Progress
  7. Marcella Frank, Modern English.
.                                                      


Kendal ,        Pebruari  2020
Disusun oleh:
Diperiksa oleh:
Dosen Pengampu


Hero Sultoni Comara SPd, MM.
NIDN;......................................................
Penanggungjawab Keilmuan


Masruri. M.Ag.
NIDN.   ................................................
Ketua Program Studi


H.Suciptono, M.Pd.
NIDN:2123057102






1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, making money with it is as easy as 1-2-3!

    This is how it all works...

    STEP 1. Choose affiliate products you want to push
    STEP 2. Add push button traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system explode your list and up-sell your affiliate products all on it's own!

    So, do you want to start making profits???

    Click here to activate the system

    BalasHapus