RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
SEKOLAH TINGGI ISLAM KENDAL (STIK)
TAHUN AKADEMIK 2019/2020
|
|||
PRODI :
PAI
NAMA/KODE
MATA KULIAH :BAHASA INGGRIS
SEMESTER :2
|
JML SKS : 2 SKS
DOSEN : HERO SUILTONI
COMARA,S.Pd,MM.
NIDN/NIDK:
|
||
A.CAPAIAN
PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
|
:
a.
sikap
1.
Bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika;
3.
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
b.
Pengetahuan
1.
Menguasai
pengetahuan dasar-dasar Tata Bahasa
Inggris
2.
Menguasai
pengetahuan dan langkah-langkah integrasi dasar Bahasa Inggris ;
3.
Menguasai
langkah-langkah mengidentifikasi ragam Bahasa Inggris yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan
etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasionaldan global.
4.
Menguasai
secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik,
psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
c.
ketrampilan
1.
Menunjukkan
kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
2.
Mampu memahami dan mempraktekkan Bahasa Inggris dengan baik.
|
||
B. DISKRIPSI
MATA KULIAH
|
:Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan
salah satu mata kuliah muatan
lokal Sekolah Tinggi Islam Kendal yang harus ditempuh oleh mahasiswa Semua Prodi.Mata
kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami tentang Bahasa Inggris khususnya masalah grammer, comprehention,
writing , conversation dan listening dengan baik.
|
||
C. CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATA KULIAH
( CPMK)
|
:
a.
sikap
1.
menunjukkan
sikap sopan dalam berkomunikaasi.
2.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika;
3.
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain sebagai keanekaragaman pemahaman dalam berbahasa.
b.
Pengetahuan
1.
Menguasai
pengetahuan tentang tata bahasa Inggris.
2.
Menguasai
pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan(agama dan sains) sebagai
paradigma keilmuan;dalam konteks pemahaman berbahasa Inggris.
3.
Menguasai
langkah-langkah mengidentifikasi ragam pemahaman Bahasa Inggris yang berlandaskan etika Islam, keilmuan,
profesional, lokal, nasional dan global.
4.
Menguasai
secara mendalam Basa Inggris dari
aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
c.
ketrampilan
1.
Menunjukkan
kemampuan berbahasa Inggris melalui
literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja
|
||
MINGGU/
PERTEMUAN
KE....
|
KEMAMPUAN
AKHIR YANG
DIHARAPKAN
|
MATERI/
TEMA POKOK
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
PEMBELAJARA
(MENIT)
|
PENGALAMAN
BELAJAR
MAHASISWA
|
INDIKATOR
DAN
KRITERIA
PENILAIAN
|
BOBOT NILAI
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1.
Introduction
|
Adanya pemahaman lingkup
pembelajaran Bahasa Inggris
|
Penyampaian target dan
tujuan pembelajaran
|
Dialog
|
2 X 50 menit
|
Mahasiswa mendapat
pemahaman tentang tata tertib dan model penilaian perkuliahan
|
Mahasiswa paham tentang
maksud tujuan dan target pembelajaran
|
Keaktifan dalam
mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
2. An Approach
to the Study of Religion
|
Reading Comprehension:
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨Language Development:
ÿ Mahasiswa mampu memahami dan
menggunakan There is dan there
are denganm benar
¨Vocabulary
Mahasiswa mampu mencari makna sebuah
percakapan
Reading Comprehension:
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
|
There is dan
there are
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2
x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide atau media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
3. The
Beginning of Islam
|
Reading Comprehension:
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨Language Development:
n Adjective ending in –ing and
-ed
® Mahasiswa mampu menggunakan Kata sifat yang berakhiran dengan ing dan ed.
¨Vocabulary
Mahasiswa mampu mencari makna sebuah
percakapan
|
n Adjective ending in –ing and
-ed
Kata sifat yang berakhiran dengan
ing dan ed.
|
-Direct teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
4. Dawn of
Islam (part one)
|
Reading Comprehension :
® Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.
¨ Language
¨
Language Development:
n Question Word
®
Mahasiswa menggunakan kata tanya dengan baik dan benar
¨ Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa
kata
dalam British English dan American
English.
Reading Comprehension :
® Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.
|
n Question Word
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan
kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan dalam
mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
5. Dawn of
Islam (part two)
|
Reading Comprehension :
® Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.
¨ Language Development:
ÿ
Modal Auxilliary
Mahasiswa mampu memahami dan membuat kalimat dengan
menggunakan modal Auxillary
¨ Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa
kata
dalam British English dan American
English.
Reading Comprehension :
® Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.
¨ Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa
kata
dalam British English dan American
English.
|
n Question Word
ÿ
Modal Auxilliary
n
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
6. Dawn of
Islam (part 3)
|
Reading Comprehension :
® Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.
¨ Language Development:
n Membedakan Simple present dan simple past dengan future tense
® Mahasiswa mengetahui pemakaian
n ® Mahasiswa dp Membedakan Simple present dan simple past serta future
tense
n
¨ Vocabulary:
® Mahasiswa mampu mengidentifikasi kosa
kata
dalam British English dan American
English.
Reading Comprehension :
® Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang ada di dalam Pokok Bahasan.
|
Future tense
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
7. The day of
Peace
|
Reading Comprehension:
Mahasiswa mampu menjawab
dan menjelaskan teks bacaan.
¨ Language Development:
ÿ To be dalam Past Tense :
Mahasiswa mampu
memahami kata kerja yang menggunakan bentuk to be dalam past tense
ÿ
Mahasiswa mampu menggunakan bentuk
konstruksi to be dalam bentuk past tense dalam sebuah kalimat
¨ Vocabulary
Mahasiswa dapat mengerti kata kata sulit
|
To be dalam Past
Tense :
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
8.The Quranic Recitation
Festinal
|
¨ Reading
Comprehension:
Mahasiswa mampu menjawab
pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨ Language Development
ÿ
The use of ‘it’
Mahasiswa mampu menggunakan ‘it’ dalam
bahasa Inggris dengan benar
Language
Development
ÿ
The use of ‘it’
Mahasiswa mampu menggunakan ‘it’ dalam
bahasa Inggris dengan benar
¨Vocabulary
Mahasiswa mampu
mengidentifikasikan bentuk
Passive voice
|
ÿ
The use of ‘it’
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan beropini,
merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
9.Ujian Tengah Semester
|
Tes Tertilis
|
25 % dari
akumulasi nilai
|
|||||
10.Fasting in Islam
|
¨Reading
Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu
menjawab pertanyaan yang
berhubungan
dengan bacaan.
Language
Development
ÿ
Penggunaan kata ‘one’
Mahasiswa mampu membedakan dan membuat kata dengan
menggunakan ‘one’
¨ Vocabulary
Mahasiswa
mampu memahami kosa kata dalam teks
pendek Bahasa Inggris tentang Islam
|
ÿ
Penggunaan kata ‘one’
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
11. Devine Tax
|
¨Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.
¨ Language Development
ÿ
Derivative Word “ion”
Mahasiswa mampu membedakan kata-kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan
derivasi dengan baik dan benar.
Mahasiswa mampu menggunakan kata jadian
dengan baik.
¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu memahami kata kata sul;it
dalam teks pendek berbahasa Inggris.
|
ÿ
Derivative Word
“ ion”
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa diberikan
kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
12. Pilgrimage
|
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨ Language Development
ÿPositive
negative and interogative in Passive
and Active Construction
Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan
pola kalimat Bahasa Inggris yang
menggunakan pola kalimat aktip maupun pasif dengan benar
¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata
yang berhubungan dengan Qur’an
Reading Comprehension
|
Positive,
negative and interrogative ln Passive and Active Construction
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
13 Equality in Islam
|
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨ Language Development
ÿ
Word Order Nucleus Structure
Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan
pola kalimat Bahasa Inggris dengan
pola kalimat yang benar
¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu mengerti
kata-kata baru dalam bahasa Inggris
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
|
ÿ
Word Order Nucleus Structure
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
14. Culture in Islam
|
¨Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨ Language Development
ÿ
Passive construction
Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan
pola passive dalam sebuah kalimat
¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu mengerti
kata-kata baru dalam bahasa Inggris
¨
|
ÿ
Passive construction
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
15 Visiting in Islam
|
Reading Comprehension
ÿ Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan.
¨Language Development
ÿ If clause /Conditional Sentence tipe
1-3
Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan
pola kalimat Bahasa Inggris dengan
menggunakan kalimat pengandaian
¨ Vocabulary
Mahasiswa mampu mengerti
kata-kata baru dalam bahasa Inggris
|
If clause /Conditional
Sentence tipe 1-3
|
-Direct
teaching
- Group
discussion
- Penugasan
Portofolio
|
2 x 50 menit
|
-Mahasiswa
mendapat stimulasi tentang materi melalui slide dan media lain
- Dosen
memandu diskusi mahasiswa terkait materi, dengan mengekplorasi kemampuan
beropini, merespon dan adu argument ilmiah.
- Dosen
memandu mengeneralisasi dan menyimpulkan materi diskusi
- Mahasiswa
diberikan kesempatan mereview simpulan
- Perkuliahan
ditutup dengan menggagenda pertemuan berikutnya.
|
- Keaktifan
perkuliahan
- Keaktifan
dalam berdiskusi
- Kemampuan
dan ketepatan berargumentasi
- Ketepatan
Tugas Portofolio Mandiri/kelompok
|
Keaktifan
dalam mengikuti kuliah 25 % secara akumulatif 14 pertemuan
Tugas mandiri
20 % secara akumulatif dalam seluruh pertemuan
|
16.Ujian Akhir
Semester
|
Tes Tertulis
|
30 % dari
akumulasi nilai
|
MATA KULIAH
PENDUKUNG INTEGRASI
|
: Darwis, Drs, H. Djamaluddin, English for Academis Purpose
|
MODEL
INTEGRASI
|
1.
appresiasi
keragaman disiplin ilmu appreciation of various disciplines) yaitu :
menghormati keragaman ilmu pengetahuan yang ada baik ilmu-ilmu agama maupun
ilmu-ilmu lainnya sebagai sesuatu yang secara objektif berkembang secara
alamiah dan ilmiah dan memiliki comfort zone (zona nyaman) masing-masing
|
2.
koeksistensi
(coexistence), yaitu : menempatkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu
lainnya untuk beroperasi sesuai dengan filsafat dan disiplin ilmu pengetahuan
masing-masing tanpa curiga dan campur tangan, kecuali di area yang secara
objektif dimungkinkan
|
|
3.
interaksi
dialogis (dialogical interaction)yaitu: menempatkan ilmu-ilmu agama
dan ilmu-ilmu lainnya dalam interaksi dialogis yang terbuka dan konstruktif
|
|
4.
memanfaatkan
teori/konsep/temuan dari disiplin ilmu-ilmu agama untuk digunakan dalam membingkai
atau menafsirkan kajian dalam tradisi ilmu-ilmu lainnya atau sebaliknya yaitu
: memanfaatkan teori yang diambil dari tradisi ilmu tertentu untuk digunakan
dalam produksi ilmu
lainnya atau sebalikny
|
|
5.
(refining
one’s scientific tradition by using other scientific traditions),yaitu :
memperbaiki suatu tradisi keilmuandengan menggunakan tradisikeilmuan lainnya
|
|
LEVEL
INTEGRASI
|
1.
Intradisipliner mengintegrasikan berbagai
mazhab/aliran dalam satu bidang ilmu
2.
Antardisipliner mengintegrasikan antara dua jenis
disiplin ilmu, masing-masingmempertahankan metodologinya
|
DAFTAR
REFERENSI
|
:
.
|
Kendal , Pebruari 2020
Disusun oleh:
|
Diperiksa oleh:
|
|
Dosen Pengampu
Hero Sultoni Comara SPd, MM.
NIDN;......................................................
|
Penanggungjawab Keilmuan
Masruri. M.Ag.
NIDN.
................................................
|
Ketua Program Studi
H.Suciptono,
M.Pd.
NIDN:2123057102
|
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
BalasHapusPlus, making money with it is as easy as 1-2-3!
This is how it all works...
STEP 1. Choose affiliate products you want to push
STEP 2. Add push button traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the system explode your list and up-sell your affiliate products all on it's own!
So, do you want to start making profits???
Click here to activate the system